rebecca.gc08's blog

mencari dan memberi yang terbaik

 

Zakumi dan Waka-waka, Spirit of Africa

 

World Cup 2010 MascotIPB Badge

Zakumi, seekor macan tutul berwarna kuning dengan rambut “nyentrik” berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan “South Africa 2010″, dan bercelana pendek berwarna hijau dengan memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afsel. Nama Zakumi berasal dari kata “za”, merupakan kode dua huruf untuk Afsel dan “kumi” sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Zakumi didesain secara eksklusif di Afsel karena akan menjadi bagian dari sejarah Piala Dunia, sebagai negara Afrika pertama menjadi tuan rumah.

Zakumi merepresentasikan rakyat, geografi, dan semangat Afsel yang  mempersonifikasikan Piala Dunia 2010. Maskot yang didesain oleh seniman Afsel, Andries Odendaal dari Kota Cape Town. Rambut hijau pada maskot tersebut merepresentasikan rumput lapangan sepakbola.

Zakumi diharapkan akan membantu membawa Piala Dunia 2010 di Afsel lebih besar, menyenangkan, dan tidak terlupakan bagi pecandu bola dunia. Dimana, ribuan orang  akan datang dan bisa bersenang-senang dan merasakan kehangatan Benua Afrika selama berlangsung Piala Dunia.

Waka-waka (This Time for Africa) dipilih FIFA dan Sony sebagai lagu resmi Piala Dunia 2010, ditulis oleh Shakira yang akan dinyanyikannya bersama band asal Afsel, Freshlyground, sangat kental dengan warna musik Afrika dengan alunan gitar tradisional Afsel dipadu dengan irama musik Afro-Kolombia dan beat Soca (musik asli Trinidad & Tobago) yang menggambarkan spirit sportivitas para pemain dan pendukung bola.

Pemilihan Waka-waka sebagai lagu resmi Piala Dunia 2010 direspon positif karena lagu ini mampu merepresentasikan semangat rakyat Afrika dalam gelaran turnamen ini.

SUMBER : http://www.tribun-timur.com/read/artikel/109671/Zakumi dan-Waka-waka-Spirit-of-Africa

 

No Responses to “Zakumi dan Waka-waka, Spirit of Africa”

 

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.